Sharing OJS antar dosen Ilmu Komunikasi

Posted by

Ponorogo—- OJS (Open Journal Systems) adalah sistem manajeman konten berbasis web yang dibuat khusus untuk menangani keseluruhan proses manajemen publikasi ilmiah. Mulai dari proses call for paper, peer review, hingga penerbitan dalam bentuk online. OJS dikeluarkan oleh Public Knowledge Project dari Simon Fraser University dan berlisensi GNU (General Public License). OJS memudahkan peran pengelola jurnal, editor, reviewer, penulis, dan pembaca (https://www.dkampus.com/2017/04/ojs-solusi-pengelolaan-jurnal-ilmiah/). Tujuan diciptakannya aplikasi sistem OJS adalah untuk membantu publikasi jurnal ilmiah  sebagai sebuah transisi untuk membuka akses riset dan teknologi yang ada.

Gambar. Antusias Dosen Ilkom Dalam Mengikuti Pelatihan OJS

Aplikasi OJS diciptakan karena adanya kebijakan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) tentang Publikasi Karya Ilmiah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas karya ilmiah Perguruan Tinggi Indonesia, sebagai konsekuensi logis dari kebijakan strategis untuk mencapai tujuan , yaitu; Terbangunnya sistem Ditjen Dikti yang mampu menjalankan tugas dan fungsinya secara efektif dan efisien.

Untuk tujuan itulah maka setiap dosen pada masing-masing perguruan tinggi diharapkan melek OJS. Sebagai upaya mewujudkan dosen melek OJS maka pada Selasa, 15 Oktober 2019 bertempat di laboratorium Ilmu Komunikasi, Manajer Jurnal Ettisal, Nur ‘Aini Sofiyah Azhari, M.I.Kom memberikan pelatihan penggunaan OJS bagi dosen-dosen yang berada di Prodi Ilkom UNIDA Gontor. dengan adanya pelatihan ini diharapkan dosen-dosen Ilkom dapat melakukan submitt artikel publikasi ilmiah mengunakan OJS[] Nh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *