Sambil Rebahan Skripsi Selesai

Posted by

Madiun— Selalu ada hikmah dibalik setiap musibah yang didatangkan Allah dalam hidup kita. Jika biasanya kegiatan workshop, seminar, lokakarya harus berbayar mahal kali ini workshop berbasis webinar dengan tema “Social Media Analytic”. Workshop yang diselenggarakan oleh LIPI ini dihadiri oleh 100 orang peserta pada tanggal 27 April 2020. Tanpa pungutan biaya sepeserpun acara ini dibuka untuk umum dengan syarat peserta harus memiliki akun twiter dan google.

Kita tahu bahwa di era digital ini tidak dipungkiri bahwa tidak hanya hal-hal yang bersifat publik saja seperti persoalan politik, yang dapat kita temui di media sosial namun juga hal-hal yang bersifat pribadi. Dalam webinar ini peserta diajak untuk belajar bersama mengenai metode digital untuk menganalisis data media sosial di twtter. Metode ini sangat cocok untuk mahasiswa ilmu komunikasi yang mager (males gerak) namun menginginkan skripsi selesai. Sebab metode ini tidak menuntut mahasiswa untuk melakukan riset di lapangan.

Purnama Alamsyah selaku narasumber dalam webinar ini membawa peserta webinar untuk belajar mengungkap berbagai kejadian dan masalah sosial-budaya melalui data media sosial. Alamsyah memaparkan tentang: penggunaan beberapa perangkat lunak yang bebas dan terbuka untuk melakukan pengumpulan dan analisis data media sosial serta implikasinya serta mendiskusikan tentang batasan, privasi dan etika pengguna. Didalam webinar ini dibagi dalam 3 sesi utama yaitu: pemahaman dan pengumpulan data media sosial, analisis data media sosial, visualisasi hasil analisis data. //nh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *