Prodi Ilkom Kolaborasi dengan Pusat Bahasa Dalam Program Pendampingan Bahasa Arab Mahasiswa

Posted by

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa resmi di Universitas Darussalam Gontor. Selain digunakan dalam percakapan sehari-hari dan sebagai bahasa pengantar dalam perkuliahan, Bahasa Arab juga menjadi bahasa pilihan yang wajib digunakan oleh mahasiswa dalam penulisan tugas akhir. Syarat wajib bagi mahasiswa yang menulis tugas akhir menggunakan Bahasa Arab atau Bahasa Inggris adalah harus sudah lulus pada ujian komprehensif bahasa. Pada setiap periode, tidak semua mahasiswa dapat lulus dalam ujian komprehensif bahasa meskipun sudah mengulang beberapa kali. Kondisi ini dialami oleh beberapa mahasiswa diantaranya mahasiswa Non-KMI (sebutan bagi mahasiswa yang bukan lulusan dari Pondok Moden Darussalam Gontor).

Berdasarkan latar belakang tersebut, tim pelaksana menggagas sebuah kegiatan bertajuk pendampingan pembelajaran Bahasa Arab bagi mahasiswa Univeristas Darussalam Gontor. Kegiatan ini difokuskan pada bedah kisi-kisi ujian komprehensif Bahasa Arab yang dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2020. Peserta kegiatan adalah mahasiswa Non-KMI dari Fakultas Humaniora, mahasiswa matrikulasi bahasa, dan mahasiswa zona bahasa. Dalam kegiatan ini tim pelaksana bermitra dengan Pusat Bahasa UNIDA Gontor dan dewan mahasiswa bagian bahasa.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa dalam mengerjakan soal ujian komprehensif bahasa sehingga dapat lulus dalam ujian”, ungkap Arif Rahmatullah salah satu tim pelaksana kegiatan. Harazan yang juga tim pelaksana menambahkan bahwa rangkaian kegiatan ini terdiri dari pre-test, pembelajaran mutholla’ah, ta’bir, dan juga tarjamah serta post-test dengan peserta berjumlah 30 orang. Bentuk respon positif datang dari para peserta, sebagaimana diungkapkan oleh Septiyan Doni, “Alhamdulillah materi yang disampaikan sangat menarik dan memberikan banyak manfaat bagi saya dan teman- teman, sehingga kami mengetahui apa saja materi yang akan di ujikan nanti ketika ujian komprehensif Bahasa Arab”.

Program-program seperti ini penting untuk ditingkatkan guna melatih kepekaan mahasiswa dalam merespon fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar dengan mendesain program-program yang relevan. Program yang dilaksanakan oleh mahasiswa semester 5 Prodi Ilmu Komunikasi yang terdiri dari Arif Rahmatullah, Harazan Qhistani Syamsudin, Irfan Achmad Zainuri, Mudzaky Muhammad dan Muhammad Fakhrurozi ini merupakan sebuah program yang didesain guna memenuhi tugas mata kuliah Islamic Public Relations. //arf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *