Persiapkan Akreditasi 9 Kriteria APS, Ilkom Delegasikan Dosen Dalam Webinar Penjaminan Mutu

Posted by

PONOROGO—Akreditasi menjadi salah satu penilaian terhadap mutu program studi. Saat ini dengan diberlakukannya akreditasi 9 kriteria oleh BAN-PT, program studi dituntut untuk dapat menjalankan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dalam setiap program kegiatan. Pelaksanaan PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan) dalam implementasi SPMI mutlak penting dan menjadi kewajiban setiap program studi untuk menjaga mutu dan kualitasnya.  Dengan diberlakukannya penilaian akreditasi 9 kriteria berbasis output dan outcome ini, masih banyak pengelola program studi yang belum memahami sepenuhnya bagaimana langkah dan hal-hal tenknis untuk mempersiapkan akreditasi guna menjalankan penjaminan mutu.

Merespon permasalahan tersebut, ASPIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi) Korwil Jabodetabek menggelar dua acara yaitu Webinar Batch 1 Strategi Menghadapi Akreditasi Berbasis  Daring pada 7 Juli 2020 dan Strategi Penguatan Mutu 9 Kriteria APS 4.0 Batch 2 pada tanggal 23 Juli 2020. Pemateri dalam webinar batch 1 Dr. Ani Yuningsih (Asesor BAN-PT) menjelaskan tentang pelaksaan akreditasi berbasis daring mulai dari pemberkasan, penyiapan dokumen, hingga assessment lapangan daring. Dalam webinar batch 2 lebih banyak dijelaskan tentang urgensi pelaksanaan penjminan mutu yang menjadi evaluasi diri atau cerminan diri program studi sebagai landasan untuk melakukan tindakan manajemen guna mengelola keberlanjutan prodi dan institusi, Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Dr. Syaiful Rohim, asesor BAN-PT yang menjadi pemateri dalam acara tersebut. Hadir pula Dr S Bekti Istiyanto (Asesor BAN PT) dan Dr. Bambang Irawan (WR 1 Institut Ilmu Sosial dan Manajemen Stiami) sebagai pemateri dalam webinar batch 2.

Memanfaatkan kesempatan tersebut, prodi Ilmu Komunikasi UNIDA Gontor mendelegasilan Rila Setyaningsih sebagai penanggungjawab penjaminan mutu prodi untuk berpartisipasi dalam acara tersebut. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk langkah nyata bagi Prodi Ilmu Komunikasi dalam menyiapkan akreditasi 9 kriteria APS (Akreditasi Program Studi) dan secara lebih jauh untuk dapat menjalanan penjaminan mutu dengan melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Internal secara berkelanjutan. /rl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *