Membangun “Personal Branding” Media Sosial

Posted by

Madiun— Eksistensi! Manusia sebagai makhluk sosial memiliki sifat ingin diakui keberadaannya. Untuk memenuhi kebutuhannya tersebut, maka personal branding ini menjadi penting. Hari ini 28 April 2020, Lolita Lavietha, M.Ilkom., (dosen Digital Strategic Communication & Data Analitytics FIKOM UMN dan Content Strategist Kampanye Brand & Politik) sebagai pemantik dalam diskusi “Personal Branding In Social Media” telah mengupas tuntas hal-hal yang berkenaan dengan personal branding. Diskusi yang berbasis webinar ini dihadiri oleh 420 orang peserta.

Lolita menyampaikan bahwa salah satu persoalan yang harus diselesaikan oleh seseorang tentang dirinya adlah tentang “bagaimana seseorang melihat dirinya dan bagaimana orang lain melihat dirinya”. Dua pertanyaan ini harus sudah selesai pada masing-masing orang sehingga dalam diri seseorang tumbuh sebuah kepercaayan diri, terutama untuk seorang profesional. Berawal dari dua pertanyaan inilah kemudian personal branding perlu untuk dibangun. Tahap membangun personal branding adalah (1) Be Active: Aktif di media sosial (hadir di media sosial: facebook, twitter, instagram) dan jejaring sosial (LinkedIn) dan pastikan selalu muncul di feeds orang lain. (2) Advocating the Company: tampilkan ketertarikan yang tulus pada konten yang diposting perusahaan tempat bekerja atau kampus tempat belajar. Mengadvokasi organisasi penting dalam membangun personal brand yang kuat, karena followers (baru dan lama) akan menjadi tahu apa saja yang mejadi minat atau semangat dalam bekerja. (3)Create Original Content: memberikan pendapat tentang sesuatu memang mudah, tapi kadang yang susah adalah bisa menuangkan pendapat ke dalam bentuk konten orisinil (tulisan, foto, video atau audio). Konten otenti ini yang akan membedakan antara seseorang yang luar biasa dengan pengguna biasa di media sosial. (4) Engage with Networks: terlibat dengan orang lain di media sosial bisa lebih mengakrabkan diri ke dalam networking. Jaga cara berinteraksi agar terasa tulus adan natural, tidak dibuat-buat. Diskusi yang berlangsung selama lebih kurang 2 jam ini sangat menarik dan bermanfaat untuk seseorang yang ingin membangun citra diri yang lebih baik, menarik di sosial media.//nh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *