LANJUTKAN PENGABDIAN MASYARAKAT, UNIDA GONTOR DAMPINGI 4 RADIO PONOROGO

Posted by

Ponorogo – Usaha membesarkan industry radio yang semakin menurun kurvanya terus digalakkan melalui kolaborasi dosen prodi Ilmu Komunikasi dengan prodi Teknik Informatika. Kolaborasi kedua prodi telah dimulai sejak tahun 2019 dengan mendampingi Radio Songgolangit dalam program kemitraan masyarakat (PKM) Kementrian Riset dan Teknologi berjudul Pendampingan Strategi Konvergensi Media Bagi Radio Songgolangit. Pendampingan berupa pengadaan aplikasi radio streaming dan pelatihan-pelatihan penunjang skill bersiaran dan manajemen konvergensi media.

Dalam program kemitraan masyarakat (PKM) kerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (Ristek/ BRIN), tahun ini kedua dosen Universitas Darussalam Gontor ini melanjutkan pengabdian masyarakatnya dengan cakupan mitra yang lebih luas yaitu dengan empat radio Ponorogo sekaligus. Radio Suara Gontor, Radio Romansa, Radio Songgolangit dan Radio Duta Nusantara.

Pendampingan bertajuk Fasilitasi Radio Streaming Berjaringan Sebagai Gerakan Kolektif Asosiasi FDRP (Forum Diskusi Radio Ponorogo) mencakup aspek pengadaan platform website dan radio streaming berjaringan  serta pelatihan-pelatihan penunjang pengetahuan radio streaming dan konvergensi media. Nur Aini Shofiya Asy’ari dosen prodi Ilmu Komunikasi berperan dalam peningkatan knowledge dan skill mitra dampingan, sedangkan Dihin Muriyatmoko sebagai perancang platform website dan radio streaming berjaringan bagi FDRP.

‘Penting bagi mitra untuk di charge lagi motivasinya, maka kami adakan pelatihan Radio Internet dan Konvergensi Media ini dengan menghadirkan sesama praktisi media yang punya pengalaman yang cukup baik dalam konvergensi media’ kata Aini ketua tim PKM. Pelatihan menghadirkan Errol Jonathans Direktur Suara Surabaya dan Bagoes Ardijanto Manajer Teknik Suara Surabaya selama dua hari, Jumat dan Sabtu 7-8 Agustus 2020.

Industri radio yang melemah sejak kehadiran internet butuh disikapi dengan gerak cepat para pengelola radio itu sendiri jika mau selamat. ‘Kami menghadirkan praktisi dari Suara Surabaya karena mereka sudah memulai konvergensi sejak 1999, dan pengalaman-pengalaman ini yang kami harap dapat bermanfaat bagi mitra’ sambung Aini. (faiz/ay)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *