Konsentrasi Jurusan

Kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor menyelenggarakan perkuliahan dengan dua peminatan bidang studi, yaitu Public Relations dan Broadcasting. Alasan yang mendasari kedua peminatan tersebut dibuka adalah mengingat permintaan masyarakat terhadap sarjana dengan keahlian dari ke-2 bidang peminatan tersebut relative tinggi. Sehingga, mahasiswa pada semester 5 dipersilahkan untuk memilih salah satu bidang peminatan yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.

Public Relations

Bidang peminatan Public Relations (PR) merupakan studi terhadap tugas dan profesi yang berkaitan erat dengan manajemen informasi dan komunikasi sebuah instansi/organisasi secara internal maupun eksternal.

Beberapa mata kulaih yang diselenggarakan di peminatan Public Relations antaranya adalah : Manajemen PR, International PR, Marketing PR, Media relations, Public Opinion, Protokoler, Teknik Negosiasi dan Lobbying, Resolusi Konflik, dan Komunikasi Organisasi.

Prospek Pekerjaan Lulusan Peminatan Public Relations : Public Relation Officer di berbagai instansi pemerintahan, perusahaan komersil dan organisasi baik organisasi pemerintah maupun non government organization (NGO)/LSM, Project Officer, Manajer Project, dan Account Executive.

 

Broadcasting

Bidang peminatan Broadcasting merupakan studi mengenai komunikasi melalui media massa elektronik/ jaringan, yaitu televisi, radio, dan new media (internet).

Mata kuliah unggulan dihadirkan guna menunjang kompetensi yang diinginkan diantaranya adalah: Dasar-dasar broadcasting, Multimedia komunikasi, Manajemen Media Penyiaran, Media dan Sistem Studio Televisi, Perencanaan Program Radio dan Televisi, Produksi Naskah dan Penyiaran, Lobi dan Negosiasi, Teknik Reportase dan Wawancara

Prospek Pekerjaan Lulusan Pemintaan Broadcasting seperti : Reporter, News Presenter, Entertainment Presenter, Announcer, MC, Director, Copywriter, Moviemeker, Producer, Animator, Cameraman dan Researcher.

 

Profil Lulusan (program educational objectives)

Kurikulum ilmu komunikasi mempersiapkan lulusan dengan kemampuan untuk merancang, mengembangkan, melaksanakan, mengendalikan, mengevaluasi dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang komunikasi berkelanjutan melalui pendekatan sosial, kemanusiaan, keislaman dan teknologi komunikasi untuk meningkatkan nilai tambah sumberdaya manusia khususnya pada bidang komunikasi. Secara lebih spesifik lulusan Prodi ILKOM UNIDA Gontor pada akhirnya mampu menjadi konsultan komunikasi, Public Relations, Peneliti dan Broadcaster.