Kolaborasi Prodi Ilkom dan TI UNIDA Gontor, Perkuat Literasi Digital Melalui Kelompok Informasi Masyarakat di Biting

Posted by

Ponorogo-Program Studi Ilmu Komunikasi dan Teknik Informatika UNIDA Gontor melakukan kolaborasi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat berjudul ‘Pendampingan Literasi Digital Untuk Pengembangan Kelompok Informasi Masyarakat Desa Biting Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo’. Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan program yang didanai oleh hibah Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional tahun anggaran 2020. Program ini akan dilaksanakan dalam 6 bulan mulai Juli hingga November 2020 yang diimplementasikan ke dalam 6 program kegiatan pendampingan.

Pada hari Rabu, 1 Juli 2020 tim pelaksana pengabdian yang diketuai oleh Rila Setyaningsih (dosen Ilkom) dan Shoffin Nahwa Utama (dosen TI) sebagai anggota dibantu tim mahasiswa Ilkom (Boy dan Adhit) dan mahasiswa TI (Syaikhul dan Ghifari) telah melaksanakan program ‘Penbentukan dan Penyuluhan KIM Desa Biting’. Acara yang dilaksanakan di Balai Desa Biting itu di buka oleh Kepala Desa Biting, Bambang Warsito. Dalam sambutannya, Bambang menyampaikan ucapan terimakasih dan mempercayakan sepenuhnya kepada tim UNIDA Gontor untuk melakukan pendampingan terhadap Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Biting. Dalam kesempatan tersebut Rila menyampaikan bahwa keberadaan KIM Desa Biting sangatlah penting dikarenakan banyak potensi desa yang bisa diangkat dan dipublikasikan untuk meningkatkan nilai tambah dan taraf hidup masyarakat. KIM berfungsi sebagai wahana informasi dan komunikasi, wahana pemberdayaan masyarakat, dan juga sebagai wahana untuk meningkatkan nilai ekonomi. Rila menambahkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk menghidupkan KIM Biting sebagai pusat informasi dan komunikasi masyarakat.

Dalam kegiatan ini, tim pelaksana pengabdian menggandeng Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ponorogo. Hadir dalam acara pembentukan dan penyuluhan KIM, Andri Hendratmoyo (Kasi Pengelolaan Informasi Publik) dan Sugeng Tri Wiyono (Staf Pengelolaan Informasi Publik) sebagai narasumber sekaligus pembina KIM. Dalam kesempatan tersebut tim Dinas Kominfo telah melakukan penyuluhan tentang urgensi KIM dan melakukan pembentukan KIM Biting. Andri berharap KIM Desa Biting dapat aktif dan mampu menjadi pusat informasi bagi masyarakat. Selanjutnya Sugeng juga menyampaikan harapannya agar KIM Biting dapat solid dan bekerja ikhlas untuk memajukan Desa Biting./ RL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *